Kamis, September 26, 2024
No menu items!
spot_img

Bakti Sosial Kodam VI/Mlw Peringati HUT KE-79 TNI Gelar Donor Darah sampai Bagi Bansos

satuindonesia.co.id, Balikpapan – Kodam VI/Mulawarman menggelar bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di aula dan halaman Makodam VI/Mulawarman kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu (22/09/24).

Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo menekankan akan pentingnya kegiatan bakti sosial ini sebagai wujud nyata pengabdian dan kepedulian TNI terhadap masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi 8 wajib TNI, khususnya dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat hubungan antara TNI dan rakyat,” ujar Tri Budi.

Adapun rangkaian kegiatan bakti sosial dan kesehatan ini dilaksanakan secara serentak dan tersebar, yang meliputi donor darah, operasi katarak, khitanan massal, pelayanan KB implan, pengobatan massal, pengecekan kesehatan, dan pembagian obat dan vitamin serta pembagian 4.520 paket sembako bagi masyarakat kurang mampu di wilayah jajaran Kodam VI/Mulawarman.

Pada kesempatan ini, pelayanan KB implan dipilih sebagai salah satu upaya mendukung program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yang saat ini menargetkan sebanyak 100 akseptor metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) seperti implan, AKDR, dan MOW. KB implan merupakan salah satu alat kontrasepsi jangka panjang yang efektif hingga jangka waktu tiga tahun.

Antusiasme masyarakat dalam mendukung peringatan HUT Ke-79 TNI serentak dan tersebar ini terbukti dengan banyaknya partisipan, di antaranya sebanyak 2.300 orang pendonor darah, 26 orang pasien operasi katarak, 425 orang pasien khitan massal, 100 orang pemasangan KB implan, 2.635 orang pasien pengobatan massal, 670 orang peserta cek kesehatan, 890 orang penerima obat dan vitamin, dan 890 orang peserta penyuluhan kesehatan.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Pangdam menambahkan, “Dalam kegiatan ini, masyarakat yang hadir akan mendapatkan dukungan makanan gratis dari penjual-penjual makanan, khususnya dari Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM). Secara tersebar terdapat sebanyak 130 gerobak, 12.390 porsi yang kita sediakan selama acara berlangsung,” tutur Pangdam.

“Ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan melibatkan UMKM, diharapkan kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memberi manfaat langsung kepada masyarakat,” tambahnya.

Berkaitan dengan hal yang sama, Pemerintah juga akan segera menyelenggarakan program pembagian makanan dan susu gratis. Program ini diharapkan dapat dioptimalkan oleh satuan-satuan teritorial TNI. Program ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap pengurangan angka perkembangan anak stunting di Indonesia.

Selain itu, Pangdam VI/Mulawarman juga menyampaikan optimisme bahwa didukung dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, akan terjadi peningkatan jumlah penduduk, yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pada tahun-tahun mendatang, termasuk di tahun 2025, 2035, 2045, hingga tercapai cita-cita Indonesia Emas.

Bakti sosial ini adalah bagian dari misi jangka panjang TNI untuk hadir di tengah masyarakat dan memberikan solusi atas permasalahan sosial yang ada.

Pangdam VI/Mulawarman juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara bakti sosial ini, mulai dari panitia penyelenggara hingga tenaga medis dari Rumah Sakit Tk. II Dr. R. Hardjanto, serta Dharma Pertiwi Daerah F dan Persit Kartika Chandra Kirana yang turut berperan aktif dalam acara ini.

Melalui kegiatan seperti ini, TNI berkomitmen untuk terus menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat dan memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan rakyat di wilayah tanggung jawabnya.

Selain para pejabat teras Kodam VI/Mulawarman, acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Pj. Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Kepala Bakesbangpol, Wakapolda Kalimantan Timur, Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Sekretaris Daerah Balikpapan, Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Timur, Danlanal Balikpapan, Danlanud Dhomber, dan Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat Wilayah Kaltim.

(MH/HL)

TERPOPULER

TERKINI

Disambut Tepuk Tangan, ini Pesan Jokowi ke Pelajar SMK Negeri 1 Tanah Grogot

satuindonesia.co.id, Paser - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (26/9/2024).Kunjungan ini dalam...
- Advertisment -spot_img