Jumat, September 27, 2024
No menu items!
spot_img

KPU Balikpapan Gelar Rakor, Sejumlah Tempat Disiapkan jadi TPS Khusus

satuindonesia.co.id, Balikpapan – Gelar Sosialisasi dan Rapat Koordinasi (Rakor), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan membahas Pembentukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) lokasi khusus pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2024,

Kegiatan ini dbuka secara resmi oleh Plh Ketua KPU Kota Balikpapan, Muhammad Rizal dengan dihadiri sejumlah stakeholder terkait, di Swiss-Belhotel Balikpapan pada Sabtu (13/7/2024).

Plh Ketua KPU Kota Balikpapan yang juga menjabat Ketua Devisi Bidang Hukum dan Pengawasan Internal KPU Balikpapan, Muhammad Rizal mengatakan, kegiatan sosialisasi dan rakor ini diharapkan menjadi awal dari koordinasi KPU bersama dengan stakeholder terkait mengenai TPS lokasi khusus.

Dimana lokasi TPS khusus tersebut direncanakan berada di rumah tahanan (rutan), lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah sakit, Pertamina RU V dan RDMP.

“Apakah nantinya memenuhi syarat atau tidak untuk dibuat TPS Khusus tersebut. Nah, ini menjadi sebuah proses awalnya,” ujarnya.

Seperti di Lapas dan Rutan di Balikpapan, katanya, untuk pendataannya, maka KPU berencana akan melakukan pendataan di akhir jelang pencoblosan.

“Ini karena warga binaan yang ada di Lapas dan Rutan in ikan, keluar masuk, sehingga kalau mendata saat ini dikhawatirkan, data yang didapat tidak update sampai pada akhir masa penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Dan Daftar Pemilih Khusus (DPK),” ucapnya.

“Jadi memang kita perlu berkoordinasi sejak awal, dengan pihak terkait yang memang memiliki kepentingan dalam proses pilkada pemilihan gubernur dan wali kota 2024,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Rizal juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Balikpapan. Pasalnya, KPU Kota Balikpapan menagetkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak di Kota Balikpapan tahun 2024 ini adalah sebesar 75 persen.

“Maka dari itu KPU saat ini terus bergerak dan berdiskusi melalui sosialisasi, Rakor dan Raker dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 khususnya di Kota Balikpapan,” pungkasnya.

(MH/HL)

TERPOPULER

TERKINI

Disambut Tepuk Tangan, ini Pesan Jokowi ke Pelajar SMK Negeri 1 Tanah Grogot

satuindonesia.co.id, Paser - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (26/9/2024).Kunjungan ini dalam...
- Advertisment -spot_img