Balikpapan, Satu Indonesia – Setelah sukses menggelar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 di Jakarta dan Surabaya, Dyandra Promosindo memperluas jangkauannya ke Kalimantan Timur melalui IIMS Garage Balikpapan 2025. Ajang otomotif berskala nasional ini akan berlangsung pada 15–19 Oktober 2025 di Pentacity Mall Balikpapan, sebagai bagian dari rangkaian Road to IIMS Balikpapan 2026.
Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, melalui Project Manager IIMS Garage Dyandra Promosindo, Rudy MF, mengatakan Kalimantan Timur memiliki potensi besar berkat perkembangan infrastruktur dan peningkatan mobilitas masyarakat seiring pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).
“IIMS Garage Balikpapan hadir untuk menjadi jembatan antara pelaku industri, komunitas, dan konsumen. Ini saat yang tepat untuk membaca arah pasar dan memperkuat konektivitas antar kota melalui jaringan pameran otomotif nasional,” ujarnya, Kamis (9/10/2025).
IIMS Garage 2025 mengusung konsep mini exhibition yang memadukan unsur pameran otomotif, hiburan, gaya hidup, dan edukasi. Sejumlah merek otomotif nasional dan lokal akan tampil dengan produk andalan mereka.
Rangkaian acara juga akan diramaikan oleh berbagai kegiatan interaktif, mulai dari IIMS Garage City Touring yang menjelajahi sudut kota Balikpapan, Talkshow bersama tokoh otomotif dan lifestyle, hingga ajang Miss IIMS Garage 2025 dengan kategori Best Talented dan Best Costume.
Berbagai kompetisi kreatif turut disiapkan, seperti Coloring Garage, Helmet Painting, Stacking Competition, Coswalk Contest, serta Test Drive dan Test Ride yang bisa diikuti oleh keluarga maupun komunitas otomotif.
Rudy MF menegaskan bahwa pelaksanaan IIMS Garage menjadi langkah awal menuju penyelenggaraan IIMS Balikpapan 2026 di BSCC Dome.
“Kami ingin menghadirkan pengalaman otomotif yang lebih dekat dengan masyarakat Kalimantan Timur, serta membuka peluang kolaborasi antara brand dan publik,” katanya.
Wakil Wali Kota Balikpapan, Dr. Ir. H. Bagus Susetyo, MM, menyambut positif pelaksanaan IIMS Garage 2025. Ia menyebut kegiatan ini sejalan dengan visi Balikpapan sebagai kota MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition), bukan sekadar kota industri atau tambang.
“Antusiasme masyarakat Balikpapan terhadap otomotif sangat tinggi. Ini menjadi momentum ideal untuk mendukung geliat industri otomotif di Kalimantan Timur dan IKN,” ujarnya.
Bagus juga mendorong Dyandra Promosindo untuk memberikan ruang bagi UMKM lokal agar dapat berpartisipasi dalam pameran ini.
“Banyak produk unggulan seperti kuliner, kerajinan, hingga batik dan manik-manik khas Balikpapan. Kami ingin kegiatan ini juga berdampak pada ekonomi kecil dan menengah,” tegasnya.
Ia menambahkan, Pemerintah Kota Balikpapan siap bersinergi mendukung penyelenggaraan event nasional tersebut.
“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pameran otomotif, tapi juga penggerak sektor ekonomi kreatif dan pariwisata berkelanjutan di kota ini,” pungkasnya.