Senin, April 21, 2025
No menu items!

Ramah Lingkungan dan Keberlanjutan, ini Potret Terowongan Perlintasan Satwa di Tol Akses IKN

Penajam Paser Utara, Satu Indonesia – Wakil Menteri Pekerjaan Umum Diana Kusumastuti meninjau pembangunan terowongan/perlintasan satwa yang berada di Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) Seksi 2B Segmen Kariangau-Simpang Tempadung di Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu (1/12/2024).

Menurutnya, pembangunan perlintasan satwa ini sejalan dengan prinsip pembangunan infrastruktur IKN yang ramah lingkungan dan keingintahuan. 

Ia juga mengatakan bahwa dalam pembangunan infrastruktur Jalan Tol Akses IKN tetap memperhatikan lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar di Kalimantan Timur. 

“Ini bagus sebagai upaya pelestarian dan menjaga ekosistem yang berkelanjutan. Saya mau tekankan keamannya ya, bahan jembatannya,” kata Wamen Diana, dalam keterangan resminya, dikutip Senin (2/12/2024).

Potret Terowongan/perlintasan satwa di Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) Seksi 2B Segmen Kariangau-Simpang Tempadung, Kaltim, Minggu (1/12/2024) | X/KemenPU.

Perlintasan satwa di Tol Akses IKN berbahan baku Corrugated Steel Plate atau pelat baja yang memiliki bentuk bergelombang. Terdapat 4 titik terowongan perlintasan satwa di sepanjang Tol Akses IKN untuk pergerakan hewan liar seperti beruang madu. 

Terowongan perlintasan dibangun dengan bentang panjang 80,77 meter, lebar 25,12 meter,, dan tinggi 12,74 meter dengan detanaman hijau agar menyerupai habitat aslinya. 

Pembangunan Jalan Tol Akses IKN saat ini sudah berjalan terdapat tiga seksi utama, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6 ,7km. 

Pada kesempatan tersebut, Wamen Diana juga meninjau kemajuan pembangunan Jembatan Dirgahayu yang berada di Tol IKN Seksi 5A. Secara filosofis, desain Jembatan Dirgahayu menggambarkan tujuan Kemerdekaan Indonesia, salah satunya memajukan kesejahteraan umum. 

Jembatan Dirgahayu memiliki panjang 340 meter terdiri dari bentang utama 260 meter dan bentang pendekat masing-masing sisi 40 meter. Struktur jembatan berupa box baja degan beton bertulang dan girder deck box girder prategang. Ditargetkan pembangunan Jembatan Dirgahayu selesai Desember 2024. 

Redaksi

TERPOPULER

TERKINI

10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan dan Tips Mengolahnya

Samarinda, Satu Indonesia – Labu siam merupakan salah satu sayuran yang sering dijumpai dalam berbagai hidangan khas Indonesia.Sayuran ini memiliki tekstur renyah dan rasa...