Minggu, November 24, 2024
No menu items!
spot_img

Target Rp20 triliun, Investasi di Balikpapan Mencapai Rp16 triliun

satuindonesia.co.id, Balikpapan – Investasi di Kota Balikpapan tercatat di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan hingga triwulan ketiga 2024 telah mencapai Rp16 triliun dari target Rp20 triliun tahun.

“Tahun ini ditarget 20 triliun, sampai triwulan ketiga sudah tercapai 16 triliun, mudah-mudahan tercapai nanti,” ujar, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi pada Kamis
(17/10/2024).

Helmi sapaan akrabnya menambahkan, di tahun 2023 lalu realisasi investasi di Kota Balikpapan melebihi target yang ditetapkan Pemprov Kaltim, dari Rp18 triliun namun justru mencapai Rp24 triliun.

“Tahun 2023, kita ditarget 18 triliun dari Provinsi, tercapai 24 triliun, kalau berdasarkan renstra cuma Rp3,8 triliun, jadi hampir 600 persen bilang Pak Wali Kota tadi,” jelasnya.

Pemidahan IKN faktor penyebab investasi meningkat

Dikatakan Helmi, salah satu penyebab tingginya investasi di Balikpapan karena keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Investasi banyak di Balikpapan, salah satu faktornya IKN,” tegasnya.

Menurut Helmi, ada beberapa bidang usaha yang menyumbang investasi diantaranya, transportasi, perumahan hingga kuliner.

“Paling banyak transport, perumahan, nomor tiga kuliner, rumah makan,” paparnya.

Dan hal utama dalam investasi yakni pelayanan publik. Untuk itu, pihaknya terus berupaya terus melakukan terobosan melalui digitalisasi hingga kemudahan investasi

“Konsepnya kita selalu meningkatkan pelayanan, gimana meningkatkan pelayanannya,” terangnya.

Kunjungan mall pelayanan publik capai 2.300 orang

Dalam beberapa tahun terakhir Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan telah membuka Mall Pelayanan Publik untuk mempercepat berbagai perizinan maupun administrasi.

“Setiap bulan kurang lebih 2.300 orang kunjungan, di Mall Pelayanan Publik,” ucapnya.

Tingginya jumlah kunjungan tersebut, katanya, menandakan pelayanan yang diberikan cukup baik. Karena tersosialsiasi dengan baik segala bentuk pelayanan.

“Tapi apakah menurunnya jumlah kunjungan, apakah menandakan pelayanan kita menurun, belum tentu,” tukasnya.

Permudan pelayanan melalui digitalisasi

Pemkot Balikpapan terus berinovasi untuk mempermudah pelayanan diantaranya melalui digitaliasi. Sehingga masyarakat tak perlu lagi harus ke Mall Pelayanan Publik.

“Mungkin kita sudah pindah ke digital, online. Jadi gak perlu orang datang kesini. Jadi prinsipnya kami ingin meningkatkan pelayanan, beberapa pelayanan yang manual kan sudah kita digitalisasi,” paparnya.

Dia mencontohkan, terkait izin praktek tenaga kesehatan, kini sudah lebih cepat. Dari sebelumnya proses perizinannya hingga 14 hari, kini paling lama dua hari. Bahkan bisa sehari.

“Reklame sekarang sudah tidak datang ke kantor Mall Pelayanan Publik, pakai online, itu contoh peningkatan,” ujarnya.

Tahun depan juga untuk pelayanan sektor pendidikan seluruhnya akan diterapkan digitalisasi, sehingga mempermudah. Termasuk juga ramah untuk penyandang disalibitas.

“Juga penyandang disabilitas,kita kerja sama dengan Komunitas Semut, baru kemarin. Tiap tahun dengan kemarin untuk belajar bahasa isyarat,” tutupnya.

(MH/HL)

TERPOPULER

TERKINI

Anders Antonsen Juara, Jonatan Runner Up China Masters 2024

satuindonesia.co.id, Shenzhen - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie harus mengakui keunggulan tunggal putra Denmark, Anders Antonsen pada laga final China Masters 2024 di Shenzhen...
- Advertisment -spot_img