Jumat, September 27, 2024
No menu items!
spot_img

Bunda PAUD Balikpapan Edukasi Transisi PAUD TK ke SD Agar Lebih Hepi

satuindonesia.co.id, Balikpapan – Berkesempatan melihat langsung proses transisi anak-anak PAUD TK ke SD, Bunda PAUD Kota Balikpapan Hj Nurlena Rahmad Mas’ud lakukan edukasi di SDN 001 Balikpapan Kota, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kegiatan ini dilakukan, usai mendampingi Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME memberikan seragam gratis kepada perwakilan siswa dan pelajar di SMP Negeri 12, Balikpapan Kota pada Rabu (17/7/2024).

“Dengan adanya transisi yang menyenangkan ini, maka anak-anak PAUD TK yang mulai masuk ke SD, merasa hepi dan gembira karena pembelajarannya tidak jauh berbeda dengan PAUD atau TK,” ujar, Nurlena.

Nurlena mengatakan, melalui transisi ini, para guru tidak hanya mengenalkan bagaimana calistung, tapi juga belajar bagaimana mendidik anak-anak sesuai dengan karakter dan latar belakangnya.

“Tidak memaksakan anak-anak belajar dengan detail, ini sangat disambut baik oleh orang tua,” jelasnya.

Dia menyebut, Bunda PAUD bersama Pemkot Balikpapan juga telah menyiapkan seragam sekolah gratis baik dari tingkat TK,SD dan SMP yang juga menjadi program Wali Kota.

Dimana hal ini menurutnya, sangat membantu mengurangi pengeluaran ketika anak mulai masuk ke dunia pendidikan.

Namun, kendala tentu pasti dihadapi dari pengajar pada masa transisi ini, jika dulu pada saat di TK mereka belajar sambil bermain. Di sana akan diikenalkan calistung.

“Transisi ini yang harus dipahami guru terutama guru kelas 1. Agar bisa mengimbangi bagaimana mengajar anak-anak yang baru masuk SD,” ungkapnya.

Nurlena juga menambahkan, pihaknya juga menanyakan kepada orang tua jika masa transisi ini dibuat hepi. Sehingga orang tua ini tidak perlu merasa harus pintar ketika masuk ke SD, bisa menulis dan membaca.

“Barulah pada saat di SD mereka akan diperkenalkan dengan calistung,” ucapnya.

Dijelaskan Nurlena, ada tiga hal yang perlu dilakukan satuan pendidikan untuk mewujudkan transisi tersebut, terutama dalam hal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masuk SD, yakni menghilangkan tes membaca, menulis, dan berhitung (Calistung).

Kedua menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik selama dua minggu pertama, baik PAUD maupun SD. Ketiga menerapkan pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi anak di PAUD dan SD.

“Jadi biarkan mereka (anak-anak) peserta didik dengan perasaan senang dan gembira, datang ke sekolah, jadi tidak lagi mereka dibebankan tugas-tugas berat yang akhirnya membuat mereka enggan untuk bangun pagi dan berangkat ke sekolah. Jadi biarkan mereka pergi sekolah dengan bergembira, tidak takut dan ada keinginanya untuk kembali bersekolah karena menyenangkan,” tuturnya.

Untuk itu, Ia berharap dukungan semua pihak, baik orang tua dan guru, sehingga program ini bisa berjalan untuk generasi bangsa yang lebih maju.

“Mari bersama-sama kita dukung program ini untuk kemajuan para generasi penerus bangsa,” tukasnya.

(MH/HL)

TERPOPULER

TERKINI

Disambut Tepuk Tangan, ini Pesan Jokowi ke Pelajar SMK Negeri 1 Tanah Grogot

satuindonesia.co.id, Paser - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (26/9/2024).Kunjungan ini dalam...
- Advertisment -spot_img