Kamis, September 26, 2024
No menu items!
spot_img

Pastikan Warga Balikpapan Terdaftar Sebagai Pemilih, Pantarlih Coklit Ketua DPRD Sekeluarga

satuindonesia.co.id, Balikpapan – Pastikan dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan pada 27 November mendatang, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh bersama istri dan seorang anaknya Ayu.

Coklit tersebut dilaksanakan Pantarlih di Rumah Jabatan (Rumjab) Ketua DPRD Kota Balikpapan di Jalan ARS Moh, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota pada Kamis (11/7/2024).

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh dalam kesempatan tersebutb mengajak warga Kota Balikpapan untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang.

“Mari kita gunakan hak pilih sebagai warga Negara Indonesia, khususnya warga Balikpapan,” ujar Abdulloh.

Dia meminta agar Pantarlih bisa memastikan warga Kota Balikpapan yang berdomisili di Kota Balikpapan, terdaftar sebagai pemilih dan dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak mendatang

“Untuk teknisnya saya kurang tahu, itu bagaimana caranya KPU dan Bawaslu bisa mengakomodir semua warga. Intinya bisa diperjuangkan lah warga untuk mendapatkan hak pilihnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Praakoso Yudho Lelono mengatakan, Coklit data pemilih di Balikpapan untuk Pilkada 2024 sudah mencapai 78 %.

“Hari ini sudah memasuki pekan ketiga proses coklit, dimana kami coklit ini berlangsung mulai 24 Juni lalu dan berakhir 24 Juli mendatang,” ujarnya.

Prakoso menyebutkan untuk Data Potensial Penduk Pemilih Pemilu (DP4) Kota yang dicoklit adalah 522.364 dengan rincian 262.536 laki-laki, dan 259.828 perempuan.

Artinya, dengan capaian 78 persen itu, hingga pekan ketiga terdapat 407.443 warga yang sudah dicoklit dan menyisakan 144.921 warga yang belum tercoklit.

Dengan jumlah itu, Prakoso optimis proses coklit yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data KPU sejak 24 Juni lalu bisa segera rampung.

“Kami targetkan rampung 100 persen pada pekan ketiga, sehingga di pekan keempat bisa dibuat laporan oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan disampaikan ke kami,” tuturnya.

Di hari ini, petugas melakukan coklit di Rumah Dinas Jabatan Ketua DPRD Balikpapan. Petugas tersebut mencoklit Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh dan keluarganya.

Dari hasil pencoklitan tersebut, Prakoso mengatakan bahwa Abdulloh masuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 35 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Tengah.

“Alhamdulillah proses berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur yang ada, berikutnya tinggal pemasangan stiker bahwa beliau sudah dicoklit,” jelasnya.

Sementara itu, untuk Wali Kota H Rahmad Mas’ud, SE, ME, Prakoso mengaku belum tercoklit mengingat hari ini wali kota akan berangkat keluar kota.

“Wali kota kami sudah konfirmasi dan sedang di luar kota, makanya belum kita jadwalkan,” pungkasnya.

(MH/HL)

TERPOPULER

TERKINI

Disambut Tepuk Tangan, ini Pesan Jokowi ke Pelajar SMK Negeri 1 Tanah Grogot

satuindonesia.co.id, Paser - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (26/9/2024).Kunjungan ini dalam...
- Advertisment -spot_img