Sabtu, Oktober 12, 2024
No menu items!
spot_img

Untuk Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab PPU Siap Terapkan E-Office

satuindonesia.co.id, Penajam – Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) PPU, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) implementasi sistem e-office bagi seluruh organisasi perangkat daerah(OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU.

Di aula lantai III kantor Bupati PPU, Selasa (09/01/2024), bimtek dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Tohar. .

Kepala Dinas Kominfo PPU, Khairudin, dalam laporannya menyampaikan, sistem e-office ini merupakan sebuah aplikasi surat menyurat secara elektronik yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, percepatan reformasi birokrasi, efektivitas dan efesiensi kebijakan publik.

“Dengan menggunakan sistem e-office juga dapat menghindari terjadinya tumpang tindih, salah tafsir dan pemborosan penyelenggaraan tata naskah dinas,” ujar Khairuddin.

Khairudin juga menambahkan bahwa bimtek ini dilaksanakan selama 4 hari terhitung dari tanggal 9 sampai dengan 12 Januari 2024, menghadirkan narasumber dari Kementrian Dalam Negeri dan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara.

“Peserta terbagi dua bagian, diantaranya bagian pertama terdiri dari pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, berserta staf admin. Dan bagian kedua terdiri dari camat, lurah, kepala UPT, dan kepala desa,” jelasnya.

Sementara Sekda PPU, Tohar menyampaikan bahwa konten reformasi birokrasi memiliki banyak segmen dan faktor yang harus di dengarkan, baik itu struktur organisasi, regulasi, dan instrumen kerja.

Tinggal bagaimana menyikapi dalam keseluruhan yang ada, termasuk dalam ruang lingkup reformasi birokrasi. “Konten reformasi birokrasi ada banyak segmen dan faktor yang harus kita dengar,” tuturnya.

Lebih lanjut Tohar juga menekankan pentingnya adaptasi terhadap teknologi untuk memajukan sistem adminitrasi pemerintahan.
“E-office bukan hanya sekadar penggunaan teknologi, tetapi juga alat untuk mempercepat, menyederhanakan, dan meningkatkan transparansi dalam menjalankan tugas-tugas administrasi,” urainya.

Penerapan teknologi baru, sambung Tohar, memerlukan pemahaman dan keterampilan baru. Pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendidikan yang relevan.

“Sosialisasi bimtek implementasi e-office ini bagian untuk memahamkan kedepan kita semua,” tutupnya.(H.A.Wan/*DiskominfoPPU)

Redaksi

(MH/HL)

TERPOPULER

TERKINI

Tumbuhkan Minat Membaca, Intip Budaya Literasi dan Fasilitas Perpustakaan di Balikpapan

satuindonesia.co.id, Balikpapan - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disputakar) Kota Balikpapan sampai saat ini terus melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.Upaya ini meliputi...
- Advertisment -spot_img