Kamis, September 26, 2024
No menu items!
spot_img

Mau ke Penajam, ASDP Resmikan e-Ticketing Mudahkan Layanan Penyeberangan

satuindonesia.co.id, Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) secara resmi menerapkan sistem e-ticketing berbasis website di Pelabuhan Penajam, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Selasa (24/9/2024).

Tak hanya memudahkan pengguna jasa, upaya dari inovasi digitalisasi ini dapat dilakukan melalui trip.ferizy.com untuk mendukung aksebilitas di Ibu Kota Nusantara (IKN) agar semakin memperkuat perannya dalam mendukung konektivitas wilayah dan mengakselerasi digitalisasi layanan.

Informasi ini diungkapkan Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin di Jakarta pada Rabu (25/9/2024).

“Penerapan ini tidak hanya memudahkan pengguna jasa, tetapi juga memiliki dampak strategis dalam mendukung pembangunan dan mobilisasi menuju Ibu Kota Nusantara (IKN),’ kata Shelvy, dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (25/9/2024).

Menurutnya, lintasan Penajam-Kariangau, yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Balikpapan, kini semakin vital seiring percepatan pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

“Mobilitas masyarakat dan distribusi logistik menjadi semakin penting, dan ASDP siap menjadi jembatan penghubung utama. Kehadiran layanan penyeberangan ini telah memangkas waktu tempuh hingga 50%, dari sekitar 4 jam menjadi hanya 2 jam,” tambahnya.

Dengan demikian, pemenerapan e-ticketing di Pelabuhan Penajam menambah daftar pelabuhan ASDP yang telah mendigitalisasi layanannya.

“Jalur ini menjadi salah satu faktor kunci dalam memastikan kelancaran arus barang, terutama bahan pokok dan material konstruksi yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur IKN,” lanjutnya.

Diketahui, jalur penyeberangan Penajam-Kariangau dilayani oleh empat kapal ferry utama, yakni KMP Poncan Moale, KMP Goropa, KMP Dingkis, dan KMP Gajah Mada, yang beroperasi selama 24 jam penuh.

Setiap perjalanan membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan jarak sejauh 6 mil. Pada periode Januari hingga Agustus 2024, lintasan ini telah melayani 133.795 unit kendaraan, terdiri dari 48.253 unit sepeda motor dan 85.542 unit kendaraan roda empat atau lebih.

Redaksi

TERPOPULER

TERKINI

Disambut Tepuk Tangan, ini Pesan Jokowi ke Pelajar SMK Negeri 1 Tanah Grogot

satuindonesia.co.id, Paser - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (26/9/2024).Kunjungan ini dalam...
- Advertisment -spot_img