Jumat, September 27, 2024
No menu items!
spot_img

Pj Gubernur Kaltim Tak Mau Berdebat Buntut Bocah Tewas di Kolam Eks Tambang, ada Apa?

satuindonesia.co.id, Samarinda – Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik menanggapi soal kolam eks tambang yang kembali menelan korban jiwa pada Sabtu (14/9/2024) lalu.

Peristiwa naas tersebut menyebabkan dua orang dilaporkan tenggelam di areal bekas galian tambang Blok B Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik usai acara penutupan MTQ Nasional XXX Kaltim 2024 pada Minggu (15/9/2024) mengatakan bahwa pertama ia mengucapkan innalillahi wainnailaihi rojiun.

“Kita semua pasti prihatin (dengan kejadian ini),” kata Akmal, dikutip Senin (16/9/2024).

Kedua korban tewas tersebut menambah catatan jumlah menjadi yang ke-51 di lubang eks tambang di Kaltim.

Akmal tak menginginkan hal serupa kembali terjadi di waktu-waktu selanjutnya.

Ia pun mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam berbagai upaya untuk mencegah terjadinya korban berulang dari kolam eks tambang.

Menurutnya, setiap elemen masyarakat maupun komunitas tertentu bisa ikut berkontribusi dalam upaya-upaya kemanusiaan ini. Seperti dilakukan oleh Ikatan Muda Muhammadiyah (IMM) yang memberikan garis batas agar masyarakat tidak mendekat ke area kolam eks tambang.

“Saya ingin mengajak seluruh elemen masyarakat, ayo dong apa yang bisa kita lakukan,” pinta Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Dirinya tidak ingin berdebat soal kewenangan. Yang bisa kita lakukan, ayo kita lakukan.

“Minimal dimana tempat anak-anak bermain itu kita jaga, kita pagari. Insyaallah saya akan segera bergerak,” ajak Pj Gubernur.

Atas peristiwa yang baru saja terjadi, lAkmal masih perlu mempelajari status areal yang telah menyebabkan korban jiwa tersebut. Sejauh ini, ia belum mendapat laporan apakah areal itu termasuk dalam pengelolaan perusahaan atau pun operasi tambang ilegal.

Pj Gubernur Senin siang ini berkesempatan mendatangi kediaman orang tua korban kolam eks tambang itu di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Redaksi

TERPOPULER

TERKINI

Disambut Tepuk Tangan, ini Pesan Jokowi ke Pelajar SMK Negeri 1 Tanah Grogot

satuindonesia.co.id, Paser - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (26/9/2024).Kunjungan ini dalam...
- Advertisment -spot_img