Kamis, September 26, 2024
No menu items!
spot_img

BMKG Mengungkap Adanya Sirkulasi Siklonik di Samudra Pasifik Utara Papua

satuindonesia.co.id , Jakarta – BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mengumumkan prakiraan cuaca untuk Sabtu (27/1/2024) melalui laman Instagram resmi @infobmkg.

Prakirawan BMKG, Nurul Izah Fitriah, mengungkapkan adanya sirkulasi siklonik berada di Samudra Pasific Utara Papua. Selain itu juga teramati wilayah belokan angin dan konforgensi, tepatnya berada di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat.

Kemudian kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa bagian Barat hingga Nusa Tenggara, sebagian besar Kalimantan kecuali Kalimantan Utara. Lalu Sulawesi Utara, di Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan serta sebagian besar wilayah Indonesia bagian timur.

Kondisi tersebut mampu menumbuhkan potensi pertumbuhan awan hujan, terutama di sekitaran wilayah sirkulasi siklonik, konforgensi dan belokan angin tersebut.

Kemudian perlu di waspadai adanya potensi angin kencang di Kepulauan Riau, Maluku Utara dan Maluku. Serta adanya fenomena fase bulan purnama yang mengakibatkan potensi terjadinya banjir rob, terutama di wilayah Pesisir Banten, Pesisir Jakarta, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Kalimantan Barat, dan Pesisir Maluku Utara.

“Kemudian suhu udara di wilayah Indonesia secara umum berkisar antara 19- 34°C, sedangkan kelembapan udara berkisar antara 55-100%,” ungkap Nurul Izah Fitriah.

“Potensi gelombang untuk wilayah Indonesia  umumnya cukup kondusif berkisar antara 1.25-2.5 meter, namun perlu di waspadai adanya gelombang laut sangat tinggi berkisar antara 4.0-6.0 meter di wilayah laut Natuna bagian Utara,” tambahnya.

Nurul juga mengungkapkan prakiraan cuaca di kota-kota besar di Indonesia. Pada Wilayah Sumatera, untuk Kota Medan, Tanjung Pinang, Padang, Jambi, Bengkulu, dan Pangkal Pinang, diprediksi akan hujan ringan.

Waspada hujan sedang di kota Banda Aceh. Serta hujan dengan intensitas lebat diperkirakan terjadi di kota Bandar Lampung. Kemudian waspada hujan dapat disertai kilat dan petir di kota Pekanbaru dan Palembang.

Pada pulau Jawa, Kota Serang diprediksi akan terjadi hujan ringan, sementara di kota Jakarta dan  Semarang berpotensi terjadi hujan sedang.

Waspada hujan dengan intensitas lebat di kota Bandung. Di Yogyakarta dan Surabaya terdapat potensi hujan yang disertai kilat dan petir.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, wilayah Denpasar dan Mataram di prediksi akan terjadi hujan ringan. Sementara waspada hujan sedang diperkirakan terjadi di wilayah Kupang.

Bergeser ke Pulau Kalimantan, wilayah Samarinda dan Pontianak umumnya cerah berawan hingga berawan. Potensi hujan ringan di Tanjung Selor dan Palangkaraya, waspada hujan disertai kilat dan petir terjadi di wilayah Banjarmasin.

Beralih ke Pulau Sulawesi, wilayah Palu diprediksi akan cerah. Wilayah Mamuju umumnya berawan, sementara wilayah Gorontalo, Makasar dan Kendari terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. Wilayah Manado berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Terakhir pada wilayah Timur Indonesia, untuk wilayah Ambon umumnya berawan tebal, sementara Ternate, Manokwari dan Jayapura terdapat hujan dengan intesitas ringan.

TERPOPULER

TERKINI

Disambut Tepuk Tangan, ini Pesan Jokowi ke Pelajar SMK Negeri 1 Tanah Grogot

satuindonesia.co.id, Paser - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (26/9/2024).Kunjungan ini dalam...
- Advertisment -spot_img